6 Gaya Hidup Boros Karyawan Kantoran yang Harus Diketahui

6 Gaya Hidup Boros Karyawan Kantoran yang Harus Diketahui

Reaksi kaget seorang karyawan melihat dompet kosong

Gaya hidup diperkotaan memang bisa dibilang boros, mungkin kamu juga merasakannya. Jika keuangan tidak dikelola dengan benar, pastinya gaji mu hanya numpang lewat saja. Kamu harus mengetahui jika ada beberapa kebiasan yang kamu lakukan sehari-hari dapat membuat dompetmu kosong. Mungkin untuk kebiasaan-kebiasaan kecil tidak terlalu terasa. 

Namun, jika dijumlahkan, kebiasaan yang terus berulang tersebut pastinya menguras seluruh isi dompetmu. Bahkan bisa jadi kamu tidak memiliki pemasukan untuk ditabung. Hal tersebut menjadi sia-sia karena sebulan kamu bekerja tetapi tidak bisa menabung sama sekali.  

Jika kamu termasuk dalam golongan tersebut, jangan-jangan kamu telah terjebak dalam gaya hidup seperti itu. Sebaiknya mulai sekarang kamu harus bisa menentukan pengeluaran sehari-hari mu, tentukan mana yang bisa diganti dengan alternatif lain. Pastinya ada banyak sekali, namun kamu tidak menyadarinya. Untuk bisa menekan pengeluaran dan bisa menabung, kamu harus kenali beberapa kebiasaan boros yang wajib ditinggalkan berikut ini.

1. Makan Siang Mahal 

Kebiasaan makan siang yang terlalu mahal bisa menjadi faktor dompetmu bolong. Saat ini masih banyak orang yang memilih makan siang di tempat yang mahal dengan alasan memanjakan diri sendiri. Namun, jika untuk sekali makan mengeluarkan uang lebih dari Rp 50 ribu itu sudah termasuk sangat boros. Sebaiknya mulai sekarang kamu mengurangi pengeluaran untuk makan siang yang mahal.  

Cobalah untuk membuat batasan untuk pengeluaran makan mu setiap hari, jika kamu merasa Rp 50 ribu merupakan porsi yang normal, maka jangan makan lebih dari nominal tersebut. Namun, jika kamu merasa dengan uang Rp 30 ribu sudah cukup, maka buatlah patokan makanan dengan harga tersebut. 

Kamu juga bisa berhemat dengan cara lain, seperti membawa bekal sendiri ke kantor yang tentu saja kebersihannya terjaga. 

2. Membeli Kopi

Gaya hidup seperti ini tidak hanya ditemukan di perkotaan saja, karena saat ini kedai kopi sudah menjamur dimana-mana. Menjadi hal yang wajib untuk membeli kopi terlebih dahulu sebelum berangkat ke kantor. Harga nya memang tidak begitu mahal, hanya sekitar Rp 20 hingga Rp 30 ribu saja. Namun, jika kamu membelinya setiap hari, dan dijumlahkan selama sebulan, maka menjadi nominal yang besar. 

Jika memang yang kamu perlukan adalah efek yang diberikan dari kafein yang bisa menahan kantuk, kamu bisa untuk mencoba membuat sendiri kopi di rumah maupun di kantor. Karena biasanya kantor sudah menyediakan stok kopi untuk para pegawainya. Bayangkan saja jika biasanya kamu bisa menghabiskan lebih dari Rp 20 ribu untuk membeli kopi untuk setiap hari, jika membuat sendiri kamu bisa menghemat hingga Rp 100 ribu. Dalam sebulan kamu sudah bisa mengumpulkan Rp 400 ribu. 

3. Jajan 

Saat ini sudah banyak sekali tempat nongkrong yang bermunculan dimana-mana dan menawarkan berbagai macam makanan yang menggoda selera. Mungkin untuk sesekali saja kamu boleh melakukannya, namun jika dilakukan setiap hari sebaiknya kamu harus mulai mengurangi karena bisa menjadi faktor kamu menjadi boros. 

Kita tidak tahu jajanan di luar dibuat dengan bahan yang benar atau tidak. Selain tidak baik untuk kesehatan, harga nya juga menguras kantong. 

4. Merokok 

Kamu pastinya sudah tahu jika merokok tidak memiliki manfaat apapun untuk tubuh, oleh karena itu, untuk kamu yang masih merokok, sebaiknya mulai untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk tersebut. Manfaat jika kamu berhenti merokok adalah terhindar dari penyakit dan kamu juga bisa menabung uang yang biasa digunakan untuk merokok. 

Bayangkan saja jika dua hari sekali kamu mengeluarkan uang untuk rokok sebesar Rp 20 ribu, lalu kamu kalikan dalam setahun tentunya menjadi nominal yang sangat besar. 

5. Nongkrong 

Tentunya kamu merasakan penat seusai bekerja seharian, nongkrong dengan teman-teman memang mengasyikan. Gaya hidup seperti ini memang membuat kita terhindar dari stress. Namun, jika diperhatikan saat kamu terlalu sering untuk nongkrong di luar, maka kamu melakukan gaya hidup yang boros. 

Sebaiknya jangan terlalu banyak mengeluarkan uang untuk nongkrong. Kamu boleh melakukannya sekali seminggu untuk menghilangkan penat karena pekerjaan. 

6. Salah Mengatur Keuangan 

Untuk membuat rencana keuangan, ada beberapa poin penting yang wajib kamu perhatikan, seperti investasi, tabungan, dan juga proteksi. Khusus untuk asuransi dan investasi kamu wajib sekali teliti dan juga berhati-hati serta harus mempunyai bekal pengetahuan tentang bidang tersebut. 

Pada umumnya pemborosan terjadi pada model investasi berupa unit link dan untuk asuransi terjadi pada saat pengambilan produk yang sebenarnya tidak kamu butuhkan, seperti asuransi rawat jalan. Biasanya biaya rawat jalan tidaklah terlalu besar. Oleh karena itu, pertimbangkan kembali saat ingin berinvestasi dan menggunakan asuransi. 

Itu tadi 6 gaya hidup yang biasa dilakukan oleh para karyawan kantoran. Yang paling penting yaitu janganlah kamu mengorbankan tabungan dan pengeluaran pokok untuk pengeluaran yang tidak perlu hanya untuk gengsi saja.