paklaring

Apa Bedanya Paklaring dan Surat Keterangan Kerja?

Untuk Anda yang masih belum tahu kegunaan dari surat paklaring, jangan menganggap keberadaan dokumen ini adalah hal yang sepele. Apalagi bagi Anda yang masih baru di dunia kerja dan minim dengan pengalaman. Bahkan beberapa orang tidak mengetahui perbedaan antara paklaring dan surat keterangan kerja.

Pada umumnya memang surat ini digunakan sebagai salah satu dokumen melamar pekerjaan ketika Anda ingin pindah. Biasanya perusahaan besar, baik yang sudah berjalan maupun baru memulai akan meminta Anda untuk melampirkan surat paklaring sebagai dokumen pelengkap.

Perusahaan baru dimana karyawan melamar akan mendapat menilai kualitas serta kapasitas seseorang melalui surat paklaring. Karena, akan terlihat dari prestasi juga kontribusi Anda pada perusahaan sebelumnya.

Perbedaan Surat Paklaring dan Surat Keterangan Kerja

Banyak orang masih menganggap bila surat paklaring dan surat keterangan kerja merupakan dokumen yang sama, padahal keduanya sangatlah berbeda. Baik dari fungsi maupun tujuan penggunaanya. Berikut dibawah ini adalah penjelasan singkat perbedaannya :

Surat Paklaring

Surat paklaring merupakan sebuah dokumen pengalaman kerja, yang menjadi bukti bila Anda pernah menjadi pegawai di perusahaan tersebut. Surat ini berisikan mengenai jenjang karier Anda, mulai awal bekerja hingga akhir masa kerja di kantor dan akan diberikan bila Anda atau karyawan lainnya mengajukan resign (pengunduran diri).

Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja merupakan dokumen yang pernyataan menerangkan Anda atau karyawan lainnya masih bekerja (aktif) pada perusahaan tersebut. Menariknya dari mata hukum, keberadaan dari SKK ini bahwa sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memberikan SKK kepada karyawan, baik diminta ataupun tidak.

Fungsi Surat Paklaring

Selain menjadi syarat agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang baru, surat paklaring dapat digunakan untuk mengurus hal penting lain, seperti berikut ini :

1. Pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan penting dimiliki oleh karyawan supaya dapat mencairkan JHT (Jaminan Hari Tua). Salah satu persyaratan dokumen yang wajib dilampirkan ketika akan menarik dana tersebut, yaitu surat paklaring. Tentunya surat itu harus dilegalisasi serta menyertakan yang asli selain salinannya.

2. Melamar pekerjaan

Seperti yang telah diinfokan sebelumnya, bila surat ini terkadang akan diminta oleh pihak perusahaan ketika Anda mengirim CV atau saat sesi wawancara selesai. Walau tidak semua instansi meminta dokumen tersebut, namun sebagian besar dari pelamar dengan posisi supervisor dan diatasnya memang wajib melampirkannya sebagai bukti.

3. Pengajuan beasiswa jalur profesional

Dengan Anda memegang surat paklaring, maka akan lebih mudah untuk mengajukan beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang S2, Doktoral maupus Magister lewat jalur profesional. Dimana para pemberi beasiswa biasanya berasal dari instansi swasta asing atau pemerintah

4. Pengajuan pinjaman bank

Surat paklaring juga akan menjadi salah satu persyaratan yang wajib dilampirkan ketika Anda ingin melakukan pengajuan pinjaman bank, misalnya KTA (Kredit Tanpa Agunan), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) dan juga KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bagi Anda yang masih berstatus karyawan.

Surat ini menjadi jaminan dari calon debitur (peminjam), dimana pihak bank menjadi yakin bila Anda yang merupakan calon peminjam memang memiliki penghasilan tetap dan nantinya dapat membayar cicilan secara teratur sesuai kontrak.

5. Pengajuan kartu kredit

Sama seperti ketika akan melakukan pengajuan kepada pihak bank, bila Anda ingin memiliki kartu kredit. Sebagai calon pemegang kartu, Anda wajib melampirkan surat keterangan kerja maupun surat paklaring sebagai dokumen persyaratan.

Dimana dengan adanya surat tersebut, Anda yang merupakan calon peminjam memang memiliki penghasilan tetap dan nantinya dapat membayar cicilan secara teratur setiap bulannya dan tidak terjadi kredit macet.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

SKK (Surat Keterangan Kerja) biasanya akan diminta sebagai salah satu syarat administratif yang wajib dipenuhi. Dapat dikatakan posisinya menjadi penting supaya urusan bisa segera selesai dengan cepat dan baik.

Di bawah ini adalah fungsi dari surat keterangan kerja :

  • Menjadi salah satu syarat untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Sebagai pengganti dari surat keterangan¬† tinggal atau domisili, ketika Anda akan membuka rekening tabungan.
  • Sebagai syarat untuk pembuatan Visa.
  • Menjadi syarat pengajuan pinjaman kepada bank.
  • Menjadi syarat untuk pengajuan beasiswa.
  • Sebagai syarat pendukung untuk melamar pekerjaan.¬†
  • Menjadi syarat dari pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Kemudian, bila surat paklaring yang diberikan oleh pihak HRD menghilang. Anda tidak perlu panik, karena Anda hanya perlu mendatangi kepolisian setempat dan membuat surat laporan kehilangan seperti pada umumnya, namun jangan lupa untuk mencantumkan nama dan alamat perusahaan. 

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai arti dari surat paklaring serta perbedaannya dengan surat keterangan kerja juga fungsi dari kedua dokumen tersebut. Jadi, jangan lagi menganggap paklaring ataupun SKK sebagai surat yang sama.