Cara Alami Menghilangkan Hidung Tersumbat

Cara Alami Menghilangkan Hidung Tersumbat

Tentu saja Anda menjadi sangat terganggu bila hidung tersumbat. Anda tidak bisa mengenali aroma, makan dengan nikmat, hingga saat bernafas juga rasanya tidak enak. Terdapat berbagai penyebab dan juga cara alami untuk mengatasi hidung yang sedang tersumbat. Namun, sebelum ke pembahasan tersebut, ada bakarnya Anda kenali lebih dulu penyebab dari hidung tersumbat berikut ini.

Penyebab hidung tersumbat

Di beberapa keadaan, mungkin saja anda pernah merasakan hidung there Sumbat. Tentunya hal tersebut dapat dipicu dengan berbagai hal, misalnya asap kendaraan, asap rokok, udara yang dingin, hingga serbuk sari dari bunga. Tetap, beberapa kondisi, keadaan ini dapat mengarah ke keadaan kesehatan.

 

Pastinya rasa tidak nyaman saat sedang bernafas karena hidung there Sumbat, sehingga anda memerlukan cara tertentu untuk mengobati penyakit tersebut. Nah, di bawah ini ada beberapa penyebabnya yang harus anda ketahui.

 

  • Rhinitis non-alergi

Biasa dikenal sebagai Rhinitis vasomotor yang merupakan sebuah keadaan yang mengakibatkan bersin berlebihan dan hidung tersumbat. Beberapa gejalanya sama seperti rhinitis alergi, namun tidak terdapat hubungan dengan reaksi error pada sistem imun di tubuh manusia.

 

Penyebab yang satu ini ditandai dengan gejala hidung meler, hidung tersumbat, lendir di hidung dan bersin. Untuk dapat mengetahui keadaan ini tentu saja Anda harus memperoleh diagnosis dari dokter secara langsung.

 

  • Rhinitis alergi

Penyebab berikutnya yang harus anda ketahui yaitu rhinitis alergi mempunyai tanda tanda atau gejala yang sama dengan flu namun tidak menular. Keadaan tersebut dipicu karena alergi seperti debu, serbuk sari, asap, bulu hewan, dan lainnya.

 

Saat alergen masuk masuk ke tubuh Anda melalui hidung, maka sistem imun langsung bereaksi secara aktif serta mengeluarkan senyawa seperti histamin untuk melawan alergi tersebut yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya. In itu, gejala lain dari Rhinitis alergi ini yaitu hidung tersumbat, hidung meler, gatal pada mulut, mata dan kulit serta Anda selalu kelelahan dan bersin-bersin.

 

  • Sinusitis

Biasanya si Nusi this akan ditandai dengan gejala pembengkakan di saluran hidung dan Peradangan, sehingga dapat menjadi kan factor hidung tersumbat. Biasanya, Sinusitis libatkan oleh beberapa hal seperti pusing, batuk, dan sakit di area wajah. Umumnya hal tersebut memang tidak lebih dari 10 hari. Apabila gejala tersebut menetap selama 12 hari maka, ada baiknya Anda pergi ke dokter sebab keadaan tersebut merupakan Sinusitis yang kronis.

Cara alami atasi hidung tersumbat

Dari semua penyebab terjadinya hidung tersumbat, yakni Sinusitis, Rhinitis alergi dan Rhinitis non alergi pastinya membuat Anda sulit untuk bernafas. Tetapi, Anda tidak perlu lagi khawatir sebab terdapat cara alami yang dapat membantu Anda untuk meredakan hidung tersumbat agar Anda dapat bernapas lega kembali.

 

  • Perbanyak minum jus dan air putih

Pertama yang bisa Anda lakukan untuk meredakan hidung tersumbat yaitu Anda harus memenuhi kebutuhan cairan yang ada di dalam diri Anda. Anda dapat minum air putih dengan banyak maupun jus untuk membantu itu meringankan hidung tersumbat. 

 

Selain itu, lebih baik hindari dahulu minuman yang memiliki kandungan alkohol dan kafein. Karena kedua kandungan tersebut bisa mengakibatkan Anda menjadi dehidrasi, khususnya di bagian saluran hidung.

 

  • Istirahat

Keadaan kesehatan dapat menjadi sebuah penyebab hidung menjadi tersumbat. Cara yang bisa membantu untuk mengatasi hal tersebut yaitu Anda harus beristirahat dengan cukup. Sebab ketika Anda beristirahat, sistem imun di dalam tubuh akan membantu memulihkan keadaan tubuh Anda, khususnya yang berhubungan dengan sakit flu yang mengakibatkan sinusitis.

 

Jangan lupa ketika anda tidur untuk meletakkan bantal lebih tinggi agar kepala anda tersangka. Dengan demikian, Anda dapat bernafas dengan lebih nyaman.

 

  • Gunakan humidifier

Cobalah untuk merasakan apakah udara yang ada di dalam kamar anda atau ruangan lain terasa kering. Apabila iya, lebih baik anda memasang humidifier yang bisa membantu Anda melembabkan ruangan. Sebab udara dalam ruangan yang memiliki kelembaban cukup bisa membantu Anda untuk bernapas lebih baik.

 

  • Kompres menggunakan air hangat

Cara alami selanjutnya yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu kompres hidung menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Cara ini bisa membantu Anda membuka jalur pernafasan di hidung. Kompres lah sampai hidung sudah tidak tersumbat lagi.

 

Apabila anda merasa nyeri saat di hidung anda bisa bernapas kembali, maka lanjutkan kompres tersebut dengan air biasa guna meredakan nyeri tersebut.

 

  1. Mandi pakai air hangat

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu mandi dengan air hangat sehingga tubuh Anda menjadi rileks. Selain itu, mandi dengan air yang hangat juga dapat mendorong mukus yang ada pada hidung Anda menjadi lebih Encer sehingga Anda dapat bernapas kembali dengan lega.

 

Nah, itu tadi beberapa cara alami yang bisa Anda coba di rumah untuk menghilangkan hidung tersumbat. Selamat mencoba!