Cara Melunasi Semua Hutang dengan Cepat

Cara Melunasi Semua Hutang dengan Cepat

Hutang

Sebenarnya utang sendiri artinya merupakan kebalikan dari kata aset. Apabila seseorang memiliki hutang semakin besar, tentu kekayaan dia akan semakin kecil. Akan tetapi, tidak seluruh utang itu buruk, sebab utang memiliki dua jenis, yakni utang konsumtif dan utang produktif.

Utang produktif adalah utang jenis hutang yang dipakai untuk membiayai kegiatan atau hal yang nantinya menciptakan manfaat baik itu uang secara langsung atau hal lainnya yang bisa tergolong investasi dan memiliki nilai jual, seperti halnya berhutang untuk tambahan modal bisnis dan sejenisnya.

Sementara pengertian dari utang konsumtif yakni melakukan pinjaman yang nantinya digunakan untuk keperluan konsumtif, seperti membeli barang mewah, atau liburan ke luar kota dan lain sebagainya.

Agar dapat melunasi semua hutang Anda dengan cepat, sangat butuh yang namanya strategi yang jitu. Utang merupakan wujud masalah perekonomian seseorang yang sebaik dapat diselesaikan secepat mungkin. Apabila Anda menunda pelunasan tentu akan menimbulkan masalah-masalah baru kedepannya, agar terhindar dari beban bunga yang terus menerus tumbuh setiap bulan. Nah untuk bisa melunasi hutang dengan cepat, simak penjelasan berikut ini.

1. Menyusun Daftar Utang

Pertama-tama ketika Anda ingin melunasi hutang dengan cepat hal yang harus dilakukan adalah menyusun seluruh utang yang ada. Anda harus menyusun nya terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap pelunasannya agar semua terstruktur dengan baik.

Anda bisa menulis atau mencatat seluruh utang yang ada dan menyusun berdasarkan utang yang paling diutamakan untuk dilunasi, dan melihat besaran bunga. Dengan ini Anda akan bisa membayar dan melunasi utang-utang dengan cepat apabila sudah terstruktur.

2. Menetapkan Skala Prioritas

Apabila Anda sudah menyusun seluruh utang-utang yang ada dan telah tersusun rapi, tips melunasi hutang selanjutnya adalah dengan menentukan skala prioritas.

Ketika Anda ingin menentukan skala prioritas dalam melunasi hutang tersebut, Anda dapat memilih hutang yang mempunyai bunga tertinggi untuk dilunasi terlebih dahulu, Anda juga dapat melunasi hutang yang jumlahnya terkecil dahulu. Setelah itu baru memilih bunga paling rendah, dan untuk utang yang besar, Anda dapat membuat angsuran dengan suku bunga stabil.

3. Jangan Menutupi Hutang dengan Berhutang Lagi

Tips cepat melunasi hutang selanjutnya yakni jangan pernah menutupi utang dengan kembali berhutang. Apabila Anda sedang rutin membayar tagihan, disarankan jangan menimbulkan utang lain. Apalagi untuk sebagian orang yang terbiasa berbelanja memakai kartu kredit.

Usahakan untuk menyelesaikan semua hutang yang harus dibayar. Supaya tidak terjadi gali lubang dan tutup lubang, yang ada masalah Anda tidak akan pernah selesai. Kondisi ini sering terjadi, tanpa sadar mereka sudah menciptakan masalah baru yang justru semakin runyam urusan.

4. Menggunakan Tabungan

Tips berikutnya yakni dengan mengerahkan uang tabungan. Setiap orang bijak pasti memiliki tabungan yang nantinya dapat digunakan di masa depan, entah itu tabungan pensiun atau tabungan pendidikan. Apabila Anda memiliki uang dari dana darurat, Anda dapat memakai dana darurat tersebut untuk melunasi cicilan yang ada. Jika dana darurat Anda tidak ada atau habis Anda bisa menggunakan uang tabungan.

Apabila uang pinjaman yang didapat dari keluarga atau kerabat, cobalah untuk bernegosiasi soal jangka waktu pembayaran atau pengembalian utang tersebut. Namun, Anda wajib mempunyai komitmen untuk dapat melunasi hutang dari pendapatan sehari-hari.

5. Menjual Barang

Solusi berikutnya mungkin Anda bisa menjual barang atau benda yang sudah tidak terpakai namun bisa memiliki nilai jual. Cobalah untuk memanfaatkan barang tersebut untuk ditukar menjadi uang lalu uang tersebut bisa dipakai untuk melunasi utang-utang yang ada.

Sikap ini termasuk sikap yang paling bijak, merubah sesuatu yang sudah tidak terpakai digunakan untuk menutupi utang. Selain mengurangi barang-barang sudah tidak terpakai di rumah, Anda pun juga memiliki uang tambahan untuk dapat melunasi cicilan hutang.

6. Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila Anda memiliki pekerjaan tetap dan gaji yang sudah terbaca setiap bulannya, mungkin Anda bisa melakukan hal lain di sisa waktu Anda, mungkin dengan mengambil pekerjaan paruh waktu, atau menjadi freelance entah itu desain, jasa tulis artikel menjaga toko pakaian dan lain sebagainya.

Dengan begitu Anda akan semakin dimudahkan untuk dapat melunasi hutang dengan cepat karena pendapatan Anda secara langsung bertambah.

7. Mencairkan Investasi

Dengan mencairkan investasi yang Anda miliki bisa menjadi opsi untuk melunasi utang yang ada. Apabila Anda mempunyai produk investasi entah itu emas dan sebagainya, Anda dapat mencairkan-nya dalam bentuk uang dan nantinya akan digunakan sebagai pelunasan utang.

Semua pinjaman sebaiknya segera dilunasi semuanya, agar nantinya tidak menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Apalagi utang-utang yang ada mempunyai beban bunga yang cukup besar. Dengan mencair kan produk investasi untuk dapat melunasi utang dan utang-utang yang ada semua sudah selesai. Disarankan untuk kembali mencicil dan menabung untuk memiliki produk investasi kembali.