program diet keto

Diet Sehat Kini Bukan Mimpi Dengan Diet Keto

Kalian pernah dengar dan coba diet KETO? Dari beberapa program diet yang sudah saya jalani, jenis diet ini lebih saya suka karena cocok sekali dijalani dengan durasi waktu yang relatif pendek dan caranya bisa dibilang lebih ringan. Selain itu saya juga hampir tidak menyangka kalau diet ketogenic masih populer dikalangan orang-orang yang menginginkan berat badannya ideal.

program diet keto

Berbeda dengan program diet lain yang kebanyakan menyarankan untuk menghindari lemak, dan diet keto berbeda. Justru saya diharuskan untuk makan dengan lemak tinggi, tapi untuk komposisi karbohidrat betul-betul dikurangi. Dan ingat juga, untuk memulai diet ini harus diawali dengan persiapan yang cukup dan tepat. Saran dari saya kalian bisa lakukan diet ini saat jadwal kalian tidak padat.

Pada awal menjalankan diet keto sangat sulit dan betul-betul menguras tenaga dan emosi. Karena tubuh kita beradaptasi dan menyesuaikan dengan pola makan yang baru dimana saya harus mengurangi karbohidrat dan tubuh saya dipaksa untuk memproduksi energi dengan lemak. Bahkan diawal saat menjalani diet ini saya merasa kelelahan, pusing, sehingga sulit sekali konsentrasi.

diet keto

Dan juga saat menjalani program diet ini kalian harus sabar, karena diawal-awal membuat air seni, napas dan keringat kita menjadi bau. Ditambah dengan kandungan air dalam tubuh serta kadar elektrolit yang turun drastis menambah lengkap penderitaan ini. Di fase ini biasa disebut dengan Keto Flu dan cepat atau lambat akan berakhir ketika sudah terbiasa.

Yang namanya program diet, tentunya kita mengurangi asupan dari nutrisi tertentu dengan tujuan kesehatan, termasuk diet keto ini. Beberapa ahli menyatakan jika orang memiliki masalah atau eating disorder sangat tidak dianjurkan. Karena ini berlawanan dengan kebiasaan seseorang sehingga sangat tidak dianjurkan.

keto diet

Oleh karena itu, disarankan sebelum menjalankan diet jenis ini cari tahu terlebih dulu jenis makanan apa yang biasa dimakan, sehingga dapat memilih yang tepat tanpa mengganggu proses pembakaran dalam tubuh. Walaupun pada intinya diet jenis ini bertujan untuk mengurangi karbohidrat, namun harus dipikirkan apa saja yang menjadi penggantinya agar metabolism dalam tubuh tidak terganggu.

Cara Memulai Diet Keto

Mengenal Berbagai Macam Kandungan Makanan

Perlu diingat, hampir kebanyakan semua bahan makanan memiliki kandungan karbohidrat. Jadi bukan hanya dari nasi dan roti saja.

pyramid makanan diet keto

Makanan seperti Mie instan, keripik, pasta, permen, es krim sampai kacang juga memiliki kandungan karbohidrat. Kecuali daging dan lemak murni seperti mentega tidak memiliki kandungan karbohidrat.

Menambah Lemak dan Menghindari Karbohidrat

Yang harus menjadi kepatuhan dalam menjalankan diet ketogenik ini adalah menambah jumlah lemak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menambahkan minyak atau mentega ketika proses makan. Atau juga bisa mulai makan ayam beserta kulitnya guna mendapat asupan yang cukup ketika makan.

Menjaga Cairan Tubuh

Diet keto ini akan membuat tubuh kita kehilangan kandungan air serta elektrolit. Sehingga harus dipastikan menjaga cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung sodium dan potassium agar aktifitas tetap lancer. Terlebih di awal-awal, terasa sangat menyiksa.

Apakah Boleh Diet ini Dijalankan Terus

Tetap hati-hati, karena diet ini tidak bisa dilakukan selamanya ya. Jadi jika kalian sudah mendapat berat badan yang ideal, bisa langsung kembali ke pola hidup sehat tentunya dengan komposisi gizi yang cukup, hanya tinggal dijaga pola makannya saja.

Saya sendiri mengalihkan pola makan dengan mengurangi makanan yang mengandung tepung, nasi dan gula.

Dan kuncinya adalah diet ini sebenarnya sebagai batu pijakan untuk mendapat berat badan ideal. Dan tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi yang baik agar tetap bisa bekerja dengan benar. Jangan sampai karena terlalu memaksakan sehingga malah malnutrisi.