Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Berutang

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Berutang

Berhutang memang terkadang diperlukan, apalagi jika Anda ingin mendapatkan tambahan modal usaha ataupun sedang dalam keadaan terdesak. Tapi, dalam berhutang tentu saja ada hal yang perlu diperhatikan. Di mana tidak bisa begitu saja memutuskan berhutang tanpa perlu melakukan pertimbangan. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berhutang 

Ketika Anda memutuskan untuk berhutang, maka Anda harus memperhatikan banyak hal. Di mana dengan mempertimbangkan terlebih dahulu, Anda bisa mempersiapkan diri. Karena dalam berhutang maka Anda harus membayarnya yang tentu saja harus diperhitungkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan sebelum berhutang: 

  • Survey 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk berhutang adalah dengan survey. Lakukanlah survey kepada lembaga keuangan yang akan Anda pilih untuk meminjam dana. Mulai dari kredibilitas lembaga tersebut hingga adakah jaminan dari pemerintah. Jangan sampai Anda memilih lembaga keuangan yang ternyata tidak memiliki ijin resmi ataupun bermasalah dalam hal pembayaran dan lain sebagainya. 

  • Hitung bunga 

Dalam berhutang di lembaga keuangan, maka sudah pasti akan ada bunga yang perlu dibayarkan. Hal inilah yang perlu Anda hitung dengan cermat. Walaupun pemerintah sudah menetapkan berapa besaran bunga maksimal, namun terkadang ada beberapa lembaga yang nakal. Maka dari pada itu pastikan bahwa bunga yang dibayarkan tidak memberatkan, sehingga Anda akan merasa aman ketika membayarkan hutang tersebut. 

  • Jangka Waktu 

Sebelum memutuskan berhutang, maka Anda perlu mengetahui berapa jangka waktu pembayaran hutang yang disediakan. Biasanya sebagai pihak peminjam Anda akan diberi pilihan kapan masa jangka waktu pembayaran hutang. Semisalnya mulai dari 3 bulan hingga 5tahun. Tentu saja, dalam pemilihan jangka waktu harus Anda pertimbangkan dengan baik. Karena dengan jangka waktu yang tepat, Anda dapat menghindari kesulitan di masa depan. 

  • Pelajari kebijakan 

Setiap lembaga mempunyai kebijakan dalam produk pinjaman, di mana ada baiknya Anda mempelajari dengan baik kebijakan yang ada. Dalam kebiijakan ini sendiri Anda perlu mempelajari kewajiban dan hak apa yang Anda dapatkan. Walaupun secara garis besar kebijakan yang dibuat sama, namun perlu sekali untuk diperhatikan agar Anda bisa mengetahui sistem yang digunakan oleh lembaga keuangan. 

  • Rencana pembayaran 

Sebelum Anda memutuskan untuk berhutang, maka hal yang paling penting adalah menyusun rencana pembayaran tersebut. Walaupun pembayaran bisa dicicil, namun Anda tetap harus merencanakanya dengan baik. Sisihkanlah pendapatan untuk melakukan pembayaran ini, di mana ada baiknya Anda memilih cicilan yang besarannya sekitar 30% dari pendapatan. Sehingga Anda masih bisa memenuhi kebutuah hidup sehari-hari dengan pendapatan yang tersisa. 

  • Berhutang di satu tempat 

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah apabila Anda memiliki hutang di tempat lain, jangan mengambil hutang baru. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan, karena kesalahan paling banyak dilakukan adalah mengambil hutang dengan memiliki tanggungan hutang di tempat lain. Ini akan membuat Anda akan kesulitan ketika membayar cicilannya. Jadi, jangan asal berhutang jika Anda memang masih ada cicilan di tempat lain.

  • Tujuan berhutang 

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah dengan menentukan tujuan dari berhutang yang akan Anda lakukan. Apabila memang ditujukan untuk keperluan untuk memenuhi kebutuhan mendadak, maka ada baiknya pinjam dalam jumlah yang sewajarnya atau sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika Anda berhutang untuk tambahan modal usaha maka lebih baik Anda melakukan perhitungan secara detail agar tidak terlalu kesulitan dalam pengembalian dana. 

  • Mempunyai penghasilan tetap 

Memiliki penghasilan tetap adalah syarat utama yang harus Anda perhatikan ketika ingin memutuskan untuk berhutang. Karena jika Anda tidak mempunyai pendapatan, bagaimana cara Anda membayarnya? Maka dari pada itu pastikan bahwa Anda memang mempunyai pendapatan secara tetap agar pembayaran hutang pun tidak mengalami masalah. 

Memutuskan untuk berhutang sendiri adalah hal yang perlu sekali untuk Anda pertimbangan dengan sangat baik, agar tidak ada masalah finansial yang terjadi di masa depan. 

Cara Agar Terhindar dari Hutang 

Walaupun terkadang memang hutang sangat diperlukan ketika keadaan terdesak, tapi sebenarnya Anda bisa menghindari berhutang. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasannya: 

  • Menabung 

Cara pertama agar Anda bisa terhindar dari berhutang adalah dengan cara menabung. Belajar menabung adalah hal penting agar ketika saat terdesak dapat digunakan. Karena pada dasarnya berhutang adalah beban yang wajib untuk diselesaikan. Maka dari pada itu, mulailah menabung agar bisa menghindari hutang di masa depan. 

  • Memiliki asuransi 

Asuransi juga menjadi salah satu cara agar Anda terhindar dari hutang. Asuransi ini sendiri ada beberapa jenis, seperti asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Dengan mempunyai asuransi sendiri Anda dapat menghindari dari hutang. 

  • Hindari hutang konsumsi 

Jika memang tidak terpaksa ada baiknya Anda menghindari hutang konsumsi seperti semisalnya berhutang untuk kebutuhan yang sebenarnya masih bisa dipenuhi. Jika memang ingin berhutang, maka alokasikan hutang tersebut untuk membuka usaha, sehingga ada pendapatan tambahan untuk pembayaran hutang tersebut. 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berhutang. Di mana dengan memperhatikan hal tersebut, maka Anda terhindar dari krisis keuangan yang akan terjai di masa depan.