tentukan jumlah cicilan

Ingin Mengajukan KTA? Ikuti Tips Berikut Ini untuk Langkah Mudahnya

ririkusnadi.com – Kredit Tanpa Agunan atau yang sering dikenal dengan istilah KTA saat ini semakin banyak dijadikan pilihan sebagian besar orang. Terlebih ketika memiliki kebutuhan yang harus segera diselesaikan. Namun berkaitan dengan hal ini beberapa banyak yang mengungkapkan sulitnya mendapatkan persetujuan. Ini berkaitan dengan pengetahuan Anda untuk mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Jika Anda bertanya apakah melakukan pengajuan KTA ini mudah? Benar sekali, Anda bisa melakukan pengajuan secara cepat dan mudah. Syaratnya, Anda pahami benar apa yang menjadi landasan dasar perbankan melakukan penilaian.

Untuk Anda yang ingin melakukan pengajuan KTA dengan mudah? Berikut ini beberapa hal penting untuk diketahui.

1.   Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Memiliki pemahaman yang baik mengenai kartu kredit merupakan salah satu langkah sukses dalam mengajukan KTA. Saat ini kartu kredit merupakan dokumen yang wajib ada saat melakukan pengajuan KTA. Hampir sebagian besar pihak bank memberikan syarat satu ini kepada kreditur.

bijak dalam menggunakan kartu kredit

Berkaitan dengan hal ini untuk kelancaran KTA Anda sebaiknya Anda selalu melakukan pembayaran cicilan secara tepat waktu. Ini penting untuk membangun citra diri Anda dengan baik ketika akan melakukan kredit.

2.   Evaluasi Transaksi Rekening

Ketika Anda mengajukan KTA, besaran penghasilan yang Anda miliki juga menjadi salah satu indikator. Salah satu syarat wajibnya, beberapa KTA memberikan kewajiban kepada Anda untuk memiliki penghasilan setidaknya 2-3 juta setiap bulannya.

Berkaitan dengan hal ini pihak perbankan akan melakukan penilaian mengenai transaksi dari rekening Anda setidaknya dalam jangka waktu 3-6 bulan. Untuk itu penting memperhatikan detail dari setiap transaksi Anda. Anda bisa melakukan perbaikan dengan rutin menabung.

Berkaitan dengan hal ini juga apabila sistem pembayaran gaji Anda dibayarkan secara langsung, maka sebaiknya Anda menyetorkan terlebih dahulu. Ini penting sehingga Anda memiliki catatan keuangan yang baik. Usahakan Anda memiliki catatan rekening senilai dengan pemasukan minimal Anda dalam jangka 3 sampai 6 bulan.

Baca Juga : Aplikasi Pinjaman Online Terbaik dan Telah Terdaftar di OJK

3.   Perhatikan Keberadaan Hutang Lancar

Berkaitan dengan hutang, sebaiknya Anda terus melakukan pembayaran tagihan secara lancar sehingga tidak macet. Saat ini dengan adanya BI Checking pihak bank bisa dengan mudah melihat bagaimana hutang Anda.

Berkaitan dengan hal ini beberapa hal berkaitan dengan tagihan sebaiknya selalu Anda bayarkan dengan lancar. Ini menjadi hal yang sangat penting karena keberadaan riwayat pembayaran hutang Anda menjadi hal yang menentukan disetujui atau tidaknya pengajuan KTA Anda.

Jangan menggampangkan beberapa hal yang terlihat sepele seperti terlambat membayar tagihan kartu kredit atau memiliki tagihan yang memang belum terselesaikan. Untuk mengajukan KTA pastikan Anda sudah melunasi tagihan Anda sebelumnya.

4.   Ajukan dengan Data yang Benar

Sikap jujur menjadi salah satu faktor yang memudahkan Anda mendapatkan KTA secara mudah. Untuk itu pastikan Anda tidak memanipulasi data yang Anda miliki ketika mengajukan KTA. Jika ternyata ada data palsu maka pihak bank tidak akan menyetujui kredit Anda.

Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan memang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan melakukan pengisian secara berlebihan apalagi berbohong, pastikan juga Anda membekali dengan dokumen yang sesuai.

5.   Tentukan Jumlah Cicilan

Penting diketahui apabila jumlah cicilan Anda ternyata lebih dari sepertiga gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya maka besar kemungkinannya pengajuan Anda ditolak. Pihak perbankan sangat tidak menginginkan Anda sulit melakukan pembayaran cicilan bahkan sampai melakukan pinjaman lain.

Berkaitan dengan hal ini apabila jumlah cicilan Anda sudah memenuhi 30% dari penghasilan bulanan sebaiknya segera kurangi jumlah cicilan. Berkaitan dengan hal ini Anda juga bisa memulai dengan melakukan perhitungan mengenai keuangan Anda.

tentukan jumlah cicilan

Hitung berapa jumlah pemasukan serta pengeluaran Anda dalam setiap bulannya. Hitung juga berapa jumlah dana yang memang Anda perlukan dan seberapa kuat Anda membayar cicilan setiap bulannya.

Penting untuk mengatur semuanya supaya sesuai dengan kondisi keuangan Anda, ini memudahkan Anda untuk terhindar dari kredit macet.

6.   Bisa Dihubungi Pihak Perbankan dengan Mudah

Selanjutnya keberadaan kontak yang Anda berikan kepada pihak bank juga memberikan pengaruh untuk KTA yang Anda ajukan. Pastikan Anda memang memberikan nomor yang selalu aktif. Ini penting supaya pihak bank bisa melakukan validasi data dengan mudah.

Untuk itu pastikan nomor yang Anda gunakan dan berikan memang masih aktif. Sampaikan waktu yang memang Anda bisa dihubungi dan fast respon. Kesalahan seperti susah dihubungi akan menghambat KTA Anda.

7.   Tepat dalam Memilih KTA

Berkaitan dengan hal pihak perbankan akan melakukan verifikasi mengenai data yang Anda miliki dengan sangat ketat. KTA adalah salah satu jenis produk perbankan atau fintech seperti Tunaiku yang secara khusus memang dihadirkan untuk membantu berbagai masalah keuangan. Untuk itulah penting Anda bijak dalam menyesuaikan besaran pinjaman dan juga kebutuhan.

Pastikan dengan benar jika Anda memang bisa melunasi kredit yang Anda ajukan dan jangan sampai KTA malah menyulitkan keuangan Anda kedepannya nanti.