Ini Keperluan yang Harus Dipenuhi Anak Kost

Ketika kamu memutuskan untuk ngekos tentunya ada beberapa hal yang perlu dibeli, karena tidak semua kamar kos menyediakan keperluan pribadi milik si penyewa. Walau memang ada kos-kos tertentu yang sudah full furnished seperti misalnya tempat tidur, meja & kursi, lemari pakaian, AC/ kipas, televisi bahkan ada pula yang sudah menyediakan kulkas. 

Tetapi itu semua adalah kebutuhan dasar yang memang belakangan sering dicari oleh anak-anak kos supaya nantinya tidak terlalu banyak membawa barang. Namun, tetap saja ada keperluan-keperluan lainnya yang kamu butuhkan dan harus dipersiapkan.

Keperluan yang Harus Dimiliki Oleh Anak Kost

Menjadi anak kos tentunya ada begitu banyak suka dan duka yang harus kamu lewati nantinya, sebab berada jauh dari orang tua dan juga sanak saudara membuat kamu harus bertanggung jawab akan diri sendiri dan mempelajari beberapa hal Salah satunya, yaitu mengelola keuangan.

Menjadi anak kos juga tidak selalu tentang finansial tetapi bagaimana cara kamu menemukan pola hidup yang membuatmu nyaman dan juga aman selama berada jauh dari keluarga. Salah satu caranya adalah dengan mempersiapkan segala keperluan di kos yang bisa membuat kamu betah.

Alat kebersihan

Keperluan pertama yang perlu dipersiapkan adalah alat-alat kebersihan. Kalau memang sebenarnya di kos tentu sudah mempersiapkan alat kebersihan yang dapat digunakan bersama. Tetapi akan lebih baik jika kamu memilikinya sendiri dan tidak bercampur dengan yang lain.

Beberapa alat kebersihan yang harus kamu miliki itu seperti lap, sapu, alat pel, pembersih jendela, kemoceng hingga sapu lidi. Kemudian jika fasilitas di dalam kamar termasuk kamar mandi sudah pasti kamu membutuhkan sikat WC.

Rice cooker

Keperluan lainnya adalah magic com atau rice cooker. Bila di tempat kosmu tidak menyediakan dapur bersama, mau tidak mau biasanya harus membeli makan di luar. Nah, supaya lebih hemat kamu bisa hanya membeli lauk atau sayur yang sudah matang dan untuk nasi masak sendiri saja.

Bahkan sekarang ini sudah ada tipe rice cooker yang bisa digunakan untuk berbagai macam masakan, jadi kamu tentunya akan jauh lebih hemat ketika memiliki alat masak yang satu ini dan membuat kamu menjadi betah di kos.

Peralatan makan dan rak kecil

Keperluan berikutnya adalah peralatan makan dan juga rak kecil untuk menaruhnya. Sebab bagaimanapun perlengkapan untuk makan sangat penting, karena tidak mungkin juga kamu harus makan menggunakan tangan atau meminjam milik teman kost yang lain.

Jadi setidaknya siapkanlah 1-2 piring, mangkuk, gelas, sendok dan garpu serta rak untuk menyusun perlengkapan makan milikmu agar terlihat lebih rapi. Ada baiknya tidak menaruh perlengkapan makan pribadi di dapur bersama supaya tidak tertukar dan menghindari kehilangan.

Laundry box

Laundry box merupakan wadah untuk menaruh pakaian kotor supaya lebih mudah bagi kamu ketika ingin mencucinya. Sebab kadangkala ada anak-anak kos yang memiliki kebiasaan buruk hanya menaruh asal-asalan pakaian kotor dengan pakaian yang masih bersih.

Padahal jika kamu hanya menumpuk atau menggantung pakaian kotor mu ini bisa menjadi seorang penyakit, karena tentunya selain kuman dan bakteri akan dijadikan sarang nyamuk atau serangga-serangga lain yang memang suka tempat-tempat gelap dan lembab.

Steker atau kabel roll

Di setiap kamar kos tentunya sudah disediakan colokan listrik, hanya saja jumlahnya pasti tidaklah mencukupi apabila kamu membawa beberapa peralatan elektronik atau gadget yang butuh untuk dicas. Sehingga ada baiknya kamu membeli steker atau kabel roll.

Perlengkapan tidur

Walaupun mungkin kost yang kamu sewa sudah mempersiapkan perlengkapan tidur seperti kasur, bantal dan guling. Tidak ada salahnya untuk membawa perlengkapan tidurmu sendiri, karena ada beberapa orang yang terkadang tidak bisa tidur di tempat baru karena masih merasa asing.

Tetapi jika cos yang kamu sewa belum menyediakannya, maka kamu bisa membeli perlengkapan tidur yang sesuai dengan kebutuhan dan juga luas dari kamar kos. Selain itu ada baiknya juga membeli selimut, bantal, guling, bed cover, sprei hingga boneka untuk teman tidur.

Membawa benda kesayangan dari rumah

Keperluan yang harus dipenuhi oleh anak kos selanjutnya adalah membawa barang atau dekorasi yang memang disukai. Jauh dari rumah tentunya terkadang akan memunculkan sindrom homesick, yaitu rasa rindu akan rumah.

Oleh karena itu tidak ada salahnya kamu membawa beberapa barang dan juga dekorasi dari rumah supaya bisa mengurangi rasa rindu. Sehingga juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi kamu selama jauh dari orang tua.

Kotak P3K

Keperluan lain yang harus ada di dalam kamar kos adalah P3K. Karena kamu berada jauh dari keluarga dan sanak saudara lainnya, sudah tentu harus mempersiapkan obat-obatan dan juga alat standar kesehatan.

Seperti misalnya obat merah, kain kasa, salep luka, serta beberapa obat-obatan lain yang memang dapat membantu meringankan rasa sakit ketika kamu mengalami flu ataupun demam. Apalagi jika ternyata kamu merupakan seseorang yang memang mempunyai kondisi khusus di mana harus selalu mengkonsumsi obat tertentu..