mainan lego

Khawatir Anak Kecanduan Gadget? Coba Mainan Edukasi untuk Anak Ini Yuk!

Melihat anak memainkan gadget memang sudah bukan lagi hal yang langka sekarang ini. Anak-anak sekarang ini memang cenderung lihai memainkan gadget mereka. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal tersebut asalkan si anak tidak dalam tahap kecanduan gadget. Jika sudah kecanduan, lebih baik Anda bersikap tegas untuk kebaikan si anak itu sendiri. Sebagai ganti gadget, cobalah untuk memberikan mainan alternatif pada si anak. Nah, apa saja contoh mainan yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan gadget?

Lego

Mainan yang satu ini berupa bentuk-bentuk geometri yang bisa digabung-gabungkan menjadi bentuk yang lebih besar. Lego memang terkenal sebagai mainan yang amat mengasah kreativitas anak. Sebagai orang tua, sangat dianjurkan bagi Anda untuk memberikan mainan ini dan mendampingi anak bermain dengannya.

mainan lego

Anda bisa meminta anak untuk membuat mainan dari lego sesuai keinginannya. Atau Anda juga bisa membuatkan mainan dari lego untuk si anak dan kemudian bermain bersamanya. Cobalah membuat semacam cerita dari mainan-mainan yang sudah dibuat dengan menggunakan lego bersama anak. Dijamin anak Anda akan betah berlama-lama bermain dengan lego dan lupa dengan gadgetnya.

Mainan Masak-masakan

Untuk alternatif mainan yang satu ini tampaknya lebih cocok untuk anak perempuan walaupun sebenarnya anak cowokpun juga bisa memainkannya. Cobalah membelikan satu set mainan memasak yang mencakupi kompor, wajan, dan berbagai alat masak lainnya.

mainan masak-masakan

Lalu, mintalah anak Anda untuk bermain peran sebagai seorang chef. Sebagai orang tua, Anda bisa berperan sebagai pembantu chef atau memainkan peran sebagai seorang tamu yang ingin menikmati masakan sang chef. Selagi si anak pura-pura memasak, cobalah untuk memancingnya dengan berbagai pertanyaan yang memberikan stimulus seperti, “Itu lagi masukin garam ya Chef? Kalau garam rasanya asin apa manis, ya?”

Mainan Kereta-keretaan dan Treknya