Manfaat Merantau Untuk Bekerja

Manfaat Merantau Untuk Bekerja

Merantau atau pergi meninggalkan kota kelahiran untuk menimba ilmu, bekerja atau pindah karena mengikuti pasangan ke kota, daerah atau negara lain adalah hal lumrah yang banyak dilakukan oleh banyak orang demi mengejar impian atau mencari pengalaman baru. Namun, banyak juga dari mereka yang merantau bukan karena keinginan tapi karena kewajiban dan tanggung jawab, hal ini menyebabkan kekhawatiran berlebih karena takut jika berjauhan dengan orang tua atau orang-orang terdekat.

Padahal, melakukan perantauan atau merantau memiliki banyak hal positif bagi pribadi setiap orang. Merantau tidak selamanya membawa dampak buruk, selama sebelum berangkat kita sudah memiliki rencana yang jelas dan sudah mendapatkan tempat tinggal dengan lingkungan yang baik juga. Jangan pernah pergi, jika tidak memiliki sebuah rencana yang pasti. 

Manfaat positif yang didapatkan saat merantau

Keluar dari zona nyaman memang tidak mudah, banyak sekali hal yang harus dilakukan agar dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun, memilih untuk merantau juga bukanlah hal salah, karena dengan pergi dari zona nyaman menjadikan diri kita seperti tertantang untuk dapat bertahan hidup.  Selain itu kita juga mendapatkan banyak pelajaran yang baik, misal :

1. Merantau membuat kita menjadi lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

Pergi ke kota atau daerah yang baru, mengharuskan diri kita untuk bertanggung jawab atas diri sendiri dan segala keputusan yang kita buat. Tidak boleh gegabah dengan apapun yang akan kita lakukan. Karena di tempat perantauan tidak akan ada orang yang akan selalu siap membantu, seperti di tempat asal. Jadi, mulailah bersikap mandiri dan lakukan segala sesuatu dengan penuh perhitungan dan rencana yang matang, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Dalam mengelola keuangan, menjadi lebih teliti.

Merantau juga memaksa kita untuk lebih belajar bijaksana dalam menggunakan uang kiriman dari orang tua atau uang gaji. Kita dituntut untuk bisa mengatur keuangan baik kebutuhan sehari, membayar kost atau kontrakan dan tagihan lain. Jadi, cara agar semua kebutuhan kita terpenuhi adalah membuat perencanaan keuangan keluar dan masuk. Belajar untuk mencatat berapa yang kita terima dan berapa yang sudah di gunakan juga adalah cara mengetahui berapa banyak yang harus disiapkan untuk bulan-bulan selanjutnya. Usahakan juga untuk memiliki tabungan darurat.

3. Dapat lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

Biasanya jika kita jauh dari tempat asal, kita dapat lebih berkonsentrasi dengan apa yang sedang dikerjakan atau bagi mereka yang masih sekolah atau kuliah, jadi bisa lebih fokus belajarnya. Kenapa? Karena kita jauh dari orang-orang yang mungkin saja ditempat asal, mereka suka membanding-bandingkan kita dengan orang lain. Nah, dengan berada jauh dari mereka, otomatis kita tidak akan mendengar omongan-omongan yang membuat diri kita tidak bisa fokus.

4. Mendapatkan banyak kenalan baru dan relasi.

Di kota baru tentu akan menyenangkan jika memiliki kenalan, teman, sahabat atau keluarga baru. Tentunya yang membawa pengaruh baik bagi diri kita. Merekalah yang nantinya akan menjadi pengganti keluarga kita yang nun jauh di kota kelahiran. Misalnya, kita memiliki masalah di tempat bekerja atau membutuhkan bantuan dengan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Mereka tentu bisa menolong kita selama tidak terlalu berat.

5. Menjadi lebih menghargai kebersamaan dengan keluarga.

Dengan memiliki teman atau relasi baru, tentu menjadi sesuatu baik dalam banyak hal. Contoh, saat kita sedang rindu keluarga, walau tidak bisa 100% menghilangkan rasa rindu, berkumpul dengan teman-teman di kota yang baru tentu akan membawa pengaruh tersendiri. Hal ini akan membuat kita lebih menghargai keluarga.

6. Menjadikan diri kita lebih bersyukur.

Bersyukur karena selama melakukan perantauan, walau tidak dekat dengan keluarga dan kerabat lain. Namun, masih ada orang-orang yang memperdulikan dan mau membantu kesulitan yang kita alami. Dengan bersyukur, kita juga akan selalu mengingat jika Tuhan selalu ada untuk membantu setiap perjalanan hidup yang kita jalani.

7. Memiliki banyak pengalaman dan cerita baru.

Tentu di perantauan kita akan mendapatkan banyak cerita dan juga pengalaman yang sangat berarti. Baik pengalaman yang menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan. Namun, dengan adanya pengalaman-pengalaman tersebut, membuat kita menjadi sosok yang jauh lebih kuat, lebih ikhlas dan lebih sabar setiap kali menghadapi masalah dimanapun nantinya kita akan tinggal. Tentunya ada pelajaran-pelajaran moral juga yang kita dapatkan ditempat perantauan.

Merantau ternyata tidak buruk, di zaman yang sudah modern ini banyak sekali hal yang dapat kita lakukan apabila merasa rindu dengan orang tua atau kerabat di daerah asal. Jadi, jangan pernah takut untuk pergi merantau. Satu hal yang harus dilakukan adalah selalu bersikap waspada dan ingat akan peribahasa “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.”