Perhatikan 6 Syarat ini untuk Dapatkan Pinjaman di Tunaiku

Perhatikan 6 Syarat ini untuk Dapatkan Pinjaman di Tunaiku

Aplikasi Tunaiku

Pada Era Digital ini mengharuskan semua bidang bisa menggunakan sistem online. Bahkan saat ini melakukan pinjaman juga bisa dilakukan secara online, sehingga mempermudah masyarakat untuk melakukan pinjaman tanpa harus datang langsung ke bank, karena hal tersebut akan menghabiskan waktu. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi pinjaman Tunaiku yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Prosesnya pun mudah dan cepat. Untuk itu, berikut ada beberapa syarat yang harus kamu perhatikan. 

Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mendaftar di Aplikasi Pinjaman Online 

Saat ini popularitas aplikasi pinjaman online sangat meningkat. Hal ini pastinya juga dipengaruhi dengan kemudahan syarat dan prosesnya yang cepat. Fasilitas tersebut disediakan tentunya untuk membantu masyarakat yang ingin meminjam dana kapanpun dan dalam situasi apapun. 

Pinjaman online ini adalah pinjaman kredit yang disediakan oleh para lembaga keuangan yang semua nya dilakukan dengan sistem online atau tanpa harus bertemu secara langsung. Namun, untuk bisa mengajukan pinjaman online ini tentunya kamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pada setiap aplikasi. Salah satu nya adalah Tunaiku, syarat yang harus kamu penuhi, antara lain: 

1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) 

Pada umumnya, syarat pertama yang biasa diberikan oleh aplikasi pinjaman online adalah kamu harus berstatus WNI. Ada banyak aplikasi pinjaman online yang tidak memberikan pinjaman pada warga negara asing (WNA). Hal tersebut dikarenakan adanya ketakutan dari pihak layanan pinjaman online dengan warga negara asing (WNA) yang mempunyai potensi besar untuk tidak melakukan pembayaran pinjaman dana. 

Hal itu pastinya akan membuat pihak layanan pinjaman online merasa sangat dirugikan jika benar-benar terjadi. Oleh karena itu, jika kamu ingin melakukan pinjaman, sebagai tanda bukti bahwa kamu adalah Warga Negara Indonesia, maka kamu harus melampirkan KTP yang dapat kamu foto maupun scan. Dari bukti KTP yang kamu serahkan tersebutlah bisa menunjukkan jika identitasmu valid.  

2. Usia minimal 21 Tahun dan 60 Tahun Maksimal

Seperti yang kamu ketahui, jika pinjaman online mempunyai peraturan yang lebih fleksibel dibandingkan dengan pinjaman lainnya. Meskipun begitu, pihak mereka tetap mempunyai persyaratan standar yang harus kamu penuhi saat ingin melakukan pinjaman. Salah satunya yaitu batasan usia yang telah ditetapkan oleh pihak aplikasi layanan pinjaman online. 

Usia yang ditetapkan yaitu minimal 21 tahun dan 60 tahun usia maksimal untuk bisa melakukan pinjaman. Pemilihan usia tersebut tentunya sudah dianggap matang, jadi peminjam dipercaya mempunyai usaha tinggi untuk melunasi semua pinjaman yang telah dilakukan. 

3. Pendapatan Sebanding dengan UMR 

Selanjutnya syarat yang harus dipenuhi adalah peminjam diharuskan mempunyai pekerjaan. Peminjam minimal sudah bekerja minimal selama tiga bulan di sebuah perusahaan dan pendapatannya harus sebanding dengan UMR yang telah ditetapkan di kota tersebut. 

Jika penghasilan bulanan mu masih di bawah standar UMR, jadi secara otomatis ketika kamu melakukan pengajuan pinjaman akan tertolak dengan sendirinya oleh aplikasi pinjaman online Tunaiku. Oleh karena itu, sebaiknya kamu usahakan untuk memenuhi syarat dasar pendapatan yang telah ditentukan sebelum kamu mengajukan pinjaman. 

4. Mencantumkan Slip Gaji Terakhir 

Biasanya untuk aplikasi pinjaman online yang sudah terpercaya akan memberikan syarat yang berupa slip gaji terakhir, beda halnya dengan pinjaman konvensional yang syaratnya yaitu slip gaji selama tiga bulan terakhir. 

Hal tersebut pastinya digunakan untuk menentukan besaran kredit atau jumlah pinjaman yang bisa diberikan kepada peminjam atau nasabah dan juga menghitung kemampuan mereka untuk bisa melunasi semua pinjaman yang telah dilakukan. 

5. Mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 

Syarat selanjutnya yaitu peminjam diharuskan untuk mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Karena untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik, kamu diharuskan untuk memiliki NPWP jika gajimu sudah melebihi UMR. 

Dari bukti kamu memiliki NPWP inilah yang membuat pihak layanan aplikasi online dapat mengetahui jumlah dari pendapatan kamu di setiap bulannya. Jadi membantu mereka untuk dapat menentukan kamu layak atau tidak untuk mendapatkan kredit. 

6. Mempunyai Rekening Bank

Persyaratan yang terakhir yaitu peminjam diharuskan untuk mempunyai satu rekening yang datanya sama dengan KTP. Karena, seluruh transaksi yang dilakukan pada proses peminjaman online ini akan berhubungan dengan bank konvensional. 

Biasanya pihak aplikasi pinjaman online tidak akan menyetujui pengajuan yang menggunakan nomor rekening berbeda antara KTP yang diberikan dengan nama pemegang ATM. 

Nah, itulah beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi jika kamu ingin melakukan pinjaman di aplikasi layanan pinjaman online Tunaiku. Sebelum mengajukan pinjaman lebih baik kamu penuhi terlebih dahulu persyaratan standar yang telah diberikan. Sehingga pengajuan pinjaman mu tidak tertolak oleh pihak layanan pinjaman online. Selamat Mencoba!