mobil

Sebelum Membeli Mobil, Ketahui Dulu Apa Itu Depresiasi Mobil

Mobil kini menjadi salah satu kebutuhan yang penting terutama bagi mereka yang berkeluarga. Dengan mengendarai mobil pribadi kita jauh lebih nyaman dalam menempuh perjalanan tanpa perlu berdesakan dalam kendaraan umum. Selain factor kenyamanan ada beberapa keuntungan lain apabila memiliki mobil pribadi. 

Keuntungan Punya Mobil Pribadi 

1. Bebas

Dengan memiliki mobil sendiri, kita tidak bergantung kepada orang lain dalam melakukan perjalanan. Tidak perlu menunggu kendaraan umum ataupun harus menanti datangnya jasa antar yang kita pesan. Kita pun bebas memilih kemanapun kita akan pergi tanpa adanya Batasan trayek.

2. Cepat

Menggunakan mobil pribadi jelas akan lebih cepat untuk mencapai tujuan karena kita bisa bebas memilih sendiri rute yang akan kita tuju. Berbeda dengan kendaraan umum yang dibatasi oleh rute trayek yang menyebabkan perjalanan jauh lebih lama dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

3. Bisa membawa bawaan lebih banyak

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa lebih bebas membawa barang ketika bepergian. Bagasi mobil yang lega memberi kebebasan kita untuk barang-barang yang bisa kita bawa. Hal ini tidak bisa kita lakukan apabila kita naik kendaraan umum. Ada batas kapasitas maksimal untuk barang yang kita bawa bahkan tak jarang kita harus membayar lebih biaya bagasi apabila barang yang kita bawa terlampau banyak. 

4. Aman dalam perjalanan

Dengan menggunakan mobil pribadi, kita cenderung lebih aman dan terlindungi dari cuaca. Kita tetap nyaman melakukan perjalanan walaupun kondisi cuaca panas terik ataupun hujan. Disamping itu, diperjalanan kita juga relatif lebih aman dari pencurian barang, penodongan,  ataupun perampokan yang sering terjadi pada transportasi umum.

5. Menambah pemasukan. 

Kita bisa menambah pemasukan kita dengan ikut jasa pengantaran online. Dengan memiliki mobil pribadi kita bisa menambah pundi keuangan kita dengan menjadi taksi online sebagai sambilan atau bahkan menjadi pekerjaan utama kita.

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapat ketika memiliki mobil pribadi, tentu saja membeli mobil bisa menjadi pilihan kedepannya. Walaupun menguntungkan, kita tetap harus mempertimbangkan banyak hal ketika memutuskan akan membeli mobil. Salah satu yang harus kita pertimbangkan dalam membeli mobil adalah depresiasi mobil.

Apa itu depresiasi mobil? Pada dasarnya, tidak hanya mobil tapi hampir semua barang paasti mengalami depresiasi. Depresiasi pada dasarnya mempunyai arti penyusutan harga jual yang terjadi pada setiap barang yang kita ibeli. Seperti yang kita ketahui semua barang pasti mengalami depresiasi bahkan depresiasi itu terjadi sejak awal barang itu ada di tangan kita. 5 menit mobil kita beli dan kita kendarai, harga jualnya sudah turun. Dan itu akan terus turun seiring berjalannya waktu. 

Kita tidak bisa menghindari depresiasi dari asset yang bergerak terutama kendaraan. Faktor umur dan pemakaian pasti menjadi salah satu penyebab turunnya harga jual dari mobil tersebut.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi besar kecilnya depresiasi pada mobil. Apa saja factor yang mempengaruhi depresiasi mobil?

Faktor yang Mempengaruhi Depresiasi Mobil

1. Merk kendaraan

Sudah bisa dipastikan merk dan reputasi kendaraan adalah factor utama dalam penentu depresiasi mobil. Ada beberapa merk terkenal yang memang harga jual dari mobil bekasnya masih lumayan tinggi. Hal itu disebabkan karena reputasi dan juga kualitas merk tersebut memang sangat terjaga. Walaupun harga beli awal juga cukup tinggi, biasanya depresiasi harga jualnya pun masih tidak mengecewakan. Tapi kita harus tetap mempertimbangkan pada biaya perawatannya. Mobil-mobil mewah cenderung mempunyai biaya perawatan yang besar juga. Itu juga factor menjadi penyebab besarnya depresiasi. Pilih merk merk favorit dengan biaya perawatan ringan untuk menekan depresiasi mobil.

2. Warna kendaraan

Warna kendaraan juga bisa menjadi penentu dari depresiasi mobil. Kendaraan dengan warna-warna khusus jelas lebih besar depresiasinya karena berpengaruh pada permintaan pasar barang bekas. Warna-warna khusus lebih susah untuk dijual kembali karena lebih sedikit peminatnya yang membuat depresiasinya menjadi lebih besar dan susah untuk dijual. Pilihlah warna-warna dasar seperti hitam, putih ataupun abu-abu yang memiliki depresiasi lebih kecil.

3. Kondisi dan perawatan kendaraan

Kondisi dan perawatan kendaraan juga menjadi factor penentu dari depersiasi mobil tersebut. Semakin bagus dan terawatt kendaraan tersebut, membuat depresiasi mobil tersebut semakin kecil. Hal itu meliputi eksterior, interior, mesin dan juga jumlah kilometer tempuh dari kendaraan tersebut. 

4. Pajak

Pajak juga salah satu penentu dari depresiasi mobil, besaran pajak yang harus dibayar serta tertib tidaknya dalam pembayaran pajak rutin sangat berpengaruh pada harga jual kembali kendaraan tersebut.

5. Pasar mobil bekas

Depresiasi mobil juga bergantung pada permintaan pasar. Mobil-mobil dengan permintaan pasar yang tinggi  dan jumlah kendaraan yang terbatas pasti akan membuat depresiasi dari mobil tersebut semakin kecil. 

Itulah beberapa faktor yang berpengaruh dalam depresiasi mobil. Tentukan pilihan terbaik dalam membeli mobil dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut untuk menekan depresiasi mobil pada kendaraan yang akan kamu beli.