LDR

Tips Jalani LDR dengan Pasangan

Untuk kalian yang menjalani Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh, bagaimanapun ada saat-saat tertentu dimana kalian merasa sangat tersiksa dengan kondisi tersebut. Saya pun dulu pernah mengalamai hal itu, dimana saya dan pasangan saat itu setia menjalani hubungan LDR. Karena memang lokasi kerja kami yang berbeda pulau sehingga mau tidak mau kami harus terbiasa dipisahkan dengan jarak. Kami pun hanya bisa berjumpa satu bulan sekali dan itupun juga tidak sering. Tapi Alhamdulillah saya dan pasangan baik-baik saja menjalani hubungan LDR kurang lebih 2 tahun.

LDR

Untuk urusan konflik pasti pernah ya, dan Alhamdulillah semua masih bisa diselesaikan dengan baik-baik. Dan kabar baiknya jika semua lancer, 2 bulan lagi kami akan mengadakan acara pernikahan kami. Mungkin masih ada yang bertanya: bagaimana tips menjalani LDR? Dan jujur saja, saya tentu bukan pakar LDR, Tapi paling tidak saya bisa sharing pengalaman saya ini dengan kalian

Saling Percaya

Hal ini mungkin merupakan hal yang paling sulit untuk pasangan manapun yang menjalani hubungan mereka dengan kondisi LDR. Banyak kasus yang menjadi bukti hubungan menjadi kandas di tengah jalan karena ada satu atau keduanya yang mulai tidak setia. Dengan kondisi yang berjauhan memang sedikit banyak menimbulkan tantangan karena banyak bertemu dengan orang-orang tanpa adanya pengawasan dari pasangan. Hal ini yang menyebabkan seseorang mulai mencoba “nakal” dan pada akhirnya sulit dihentikan.

saling percaya

 

Menjaga rasa kepercayaan inilah yang merupakan akar masalah dari hubungan yang berstatus LDR. Bagaimana mungkin kita bisa percaya kalau kita berjauhan? Dan sebenarnya disini kita hanya bisa menggantungkan pada komitmen kita sendiri. Apakah kita sudah serius dengan pasangan atau masih main-main?

Ketika komitmen sudah terbentuk satu sama lain, rasa percaya dengan dasar yang kuat bisa terbangun. Bicarakan apa sih sebenarnya tujuan dari hubungan kalian? Jika memang ingin berakhir di pelaminan maka ajak pasangan kalian dan saling menguatkan untuk terus berusaha menjaga hubungan. Hal ini tentu tidak mudah dilakukan tapi benar-benar bisa dilakukan asal serius. Dan jika komitmen kalian dan pasangan sudah kuat, maka godaan seperti apapun tidak akan sanggup untuk membuat kalian berpaling.

Gunakan Teknologi

Mendengar bahkan melihat langsung kasus hubungan LDR yang harus kandas dengan alasan komunikasi, sebenarnya hal itu tidak harus terjadi. Mengapa? Karena sekarang ini kalian hidup di jaman dimana komunikasi menjadi sangat mudah, yang artinya tidak ada lagi batasan jarak untuk bisa tetap berhubungan. Berbeda dengan jaman dulu yang menggunakan surat sebagai media untuk sekedar melepaskan kerinduan.

gunakan teknologi

Gunakan seoptimal mungkin gadget kalian, karena sudah banyak sekali fitur yang bisa membuat kalian menjalin komunikasi dengan nyaman. Sebagai contoh, saya sering menggunakan fitur video call di gadget dengan pasangan saya, memang di awal agak sedikit canggung tapi lama kelamaan saya menjadi terbiasa. Pernah kami berkomunikasi dari larut malam hingga pagi hari karena memang belum sempat berjumpa beberapa bulan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk kalian memanfaatkan gadget untuk tetap menjalin komunikasi dengan pasangan.

Mengalihkan Perhatian

Satu tips terakhir dari saya agar kalian bisa tetap menjalani hubungan LDR dengan pasangan, yaitu dengan mengalihkan perhatian. Rasa rindu yang amat sangat tentu sering kali datang, dan di saat seperti itulah kita harus bisa mencari pengalih perhatian agar bisa sedikit lupa dengan rasa rindunya. Pernah suatu ketika pasangan saya ingin sekali menghubungi saya namun karena sedang sibuk-sibuknya pekerjaan saya sehingga tidak bisa membalasnya dan kebetulan juga memang sinyal saat itu juga kurang bagus.

mengalihkan perhatian

Jadi sebagai pengalih perhatian saya tentu berusaha fokus mengerjakan tugas hingga selesai, sehingga kewajiban dan tanggung jawab pekerjaan saya juga berkurang. Dan setelah semua selesai barulah saya menghubungi pasangan dan menjelaskan kondisi yang sebenarnya terjadi. Diluar dugaan ternyata pasangan saya yang berprofesi sebagai penyedia jasa seo pun demikian, di saat rasa rindunya datang dan gagal menghubungi saya yang dia kerjakan adalah menyelesaikan semua tanggung jawab pekerjaannya pada hari itu.

Itulah sedikit tips menjalani LDR agar sama-sama nyaman dengan pasangan meskipun terpisah oleh jarak, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.