temukan inspirasi baru

Tips Manajemen Waktu Supaya Tetap Produktif Selama Pandemi

ririkusnadi.com – Beberapa bulan terakhir saat memuncaknya kasus pandemi COVID-19 membuat pemerintah gencar mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap di rumah saja. Ajakan ini diserukan sebagai upaya dari penekanan angka penularan yang semakin tinggi setiap harinya. Mulai dari kawasan sekolah dan perguruan tinggi yang masih memberlakukan sistem belajar mengajar jarak jauh hingga pusat perbelanjaan dan perkantoran yang belum berfungsi sepenuhnya.

Rutinitas masyarakat Indonesia tentu sedikit banyak mengalami perubahan signifikan terutama bagi seorang pegawai atau karyawan swasta. Jika beberapa bulan sebelumnya bekerja di kantor namun sekarang semua dilakukan dari rumah. Ketika aturan ini diberlakukan pertama kali, hampir semua orang menyambut dengan gembira. 

Sayangnya, lama kelamaan rutinitas di rumah saja cenderung membosankan dan berakhir dengan kurang produktif. Beranjak dari masalah ini menandakan bahwa Anda butuh tips manajemen waktu dirumah supaya tetap produktif selama pandemi berlangsung. 

Ingin Tetap Produktif di Rumah? Terapkan Tips Berikut Ini

Terlalu lama berdiam diri di rumah bisa menimbulkan stress dan menyebabkan menurunnya kesehatan. Oleh sebab itu, kita harus tetap produktif di rumah selama pandemi berlangsung. Sebagai millennials cerdas, Anda perlu memanajemen waktu jadi lebih efektif sehingga aktivitas di rumah selalu produktif selama pandemi. 

tetap produktif selama masa pandemi

Manajemen waktu yang baik sungguh dibutuhkan agar produktifitas kita selama di rumah tetap terjaga. Tetap produktif di rumah walau sedang pandemi bisa terhindar dari stres dan kondisi kesehatan terjaga. 

Antara satu sama lain jumlah waktu yang dimiliki oleh manusia adalah sama dan tidak pandang usia, jenis kelamin maupun usia. Bukan masalah waktu yang penting disini, namun seberapa efektifkah Anda telah memanajemen waktu agar tetap produktif. Guna membantu Anda menjaga produktivitas selama di rumah, maka gunakan tips berikut. 

Buat “To Do List” pada Malam Hari Sebelumnya

Produktivitas selama pandemi di rumah ternyata bisa ditingkatkan dengan membuat “to do list” pada malam hari sebelumnya. Kegiatan ini sangat baik jika rutin dilakukan setiap malam sebelum tidur agar Anda tahu apa yang harus dilakukan keesokkan harinya. 

Membuat daftar yang harus dilakukan juga bisa membantu daya ingat otak menjadi lebih baik. Hari menjadi lebih produktif dan semua kegiatan yang ingin dilakukan bisa tercapai. 

Awali Aktifitas Pagi dengan Berolahraga 

Tubuh akan tetap bugar selama beraktivitas di rumah apabila mengawali pagi dengan berolahraga. Berolahraga bisa bantu jaga kesehatan dan menghilangkan stres berlebih akibat jenuh di rumah. Olahraganya pun tidak perlu yang berat-berat, cukup dengan senam SKJ atau aerobik saja di halaman depan atau belakang rumah Anda. 

Beristirahatlah Sejenak Saat Bekerja

Beristirahat sejenak saat bekerja bisa membuat tubuh dan otak menjadi lebih produktif. Pernyataan ini benar karena tubuh dan otak kita butuh istirahat sejenak setelah bekerja dalam waktu lama. Tidak baik terlalu memaksakan diri bekerja tanpa henti karena hal ini bisa memicu hal buruk pada tubuh. Jika merasa lelah telah hilang, Anda bisa kembali bekerja seperti sebelum istirahat. 

Baca Juga : 5 Olahan Kentang Untuk Cemilan Sehat dan Nikmat

Jika Kurang Bersemangat, Bisa Coba Temukan Inspirasi Baru

Kurang bersemangat biasanya disebabkan juga oleh faktor kurang mendapat inspirasi. Inspirasi bagus untuk memicu semangat baru sehingga kerja di rumah tetap produktif selama pandemi.

temukan inspirasi baru

Coba temukan inspirasi baru jika merasa kurang bersemangat. Dengan demikian Anda dapat menemukan kembali motivasi menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Matikan Notifikasi Sosial Media Selama Bekerja

Seringkali notifikasi sosial media memecah konsentrasi siapa saja. Terpecahnya konsentrasi tentu tidak baik terhadap pekerjaan karena selama hal ini berlangsung Anda bisa kehilangan banyak waktu. 

Supaya selama bekerja tetap fokus, Anda bisa mencoba mematikan notifikasi sosial media dari smartphone masing-masing. Waktu sangat berharga dan harus dimanajemen dengan baik agar tetap produktif dan efektif. 

Hilangkan Kebiasaan Buruk 

Ada banyak kebiasaan buruk yang wajib Anda hilangkan selama bekerja dari rumah. Salah satunya adalah pemborosan waktu. Banyak waktu kerja terbuang percuma akibat bermain game, berselancar di sosial media, makan dan minum hingga mengobrol bersama teman dan sebagainya. Pemborosan waktu ini tanpa disadari menjadi sebuah kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Manfaatkanlah waktu kerja sebaiknya untuk menyelesaikan tugas Anda dan jangan malah dipakai untuk kegiatan tidak penting.

Mengapa Perlu Manajemen Waktu yang Baik Selama Pandemi?

Manajemen waktu yang baik harus dilakukan semua orang agar produktivitas selama masa pandemi di rumah tetap terjaga. Selain itu, manajemen waktu juga diperuntukkan agar tujuan yang direncanakan tercapai. Manajemen waktu butuh dilakukan secara efektif agar tujuan setiap orang tercapai sesuai rencana awal. Anda akan mengerti bahwa waktu sangatlah berharga dan tidak boleh dihabiskan untuk kegiatan tidak penting saja. 

Masa depan bisa diciptakan lebih baik jika diri sendiri sudah bermanfaat dalam banyak hal. Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah belajar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Jadi, habiskan waktu berharga Anda selama pandemi di rumah untuk kegiatan-kegiatan lebih produktif.