Tips Membangun Kepercayaan Diri

Tips Membangun Kepercayaan Diri

Akan ada momen-momen di mana Anda merasa tidak memiliki kepercayaan diri dan bila hal tersebut hanya terjadi pada waktu tertentu, dapat dikatakan sebagai hal yang wajar. Karena hampir semua orang akan merasakannya, sekalipun memiliki kepribadian sebagai ekstrovert maupun introvert. Namun, berusahalah untuk tidak terlalu terbawa oleh rasa itu, karena bila rasa tidak percaya diri tersebut terlalu dominan. Akan sangat mengganggu kegiatan atau pun kehidupan sehari-hari.

Rasa percaya yang rendah akan diri sendiri, dapat disebabkan oleh banyak faktor dari pengalaman masa lalu yang tidak baik hingga menciptakan sebuah trauma. Pengalaman tersebut bisa berupa perundungan (bullying), adanya masalah didalam keluarga, perceraian, pertengkaran yang berujung kekerasan, dan masih banyak lagi. Bila seseorang tersebut sejak awal memang memiliki mental yang tidak stabil, maka akan mengakibatkan kehilangan kepercayaan pada dirinya sendiri.

Tips-tips membangun kepercayaan diri 

Lalu, apakah ada ada atau tips untuk membangun kembali rasa kepercayaan diri yang telah hilang tersebut? Tentunya ada dan semuanya harus dilakukan dengan niat yang kuat. Berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

1. Kenali kekurangan dan kelebihan diri sendiri

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali diri sendiri. Apa kekurangan yang Anda miliki dan apa kelebihan dari diri sendiri, karena setiap individu pasti akan memiliki kedua hal tersebut. Jangan pernah sekalipun Anda berpikir, bila melakukan kesalahan adalah sebuah kebodohan. 

Karena pada kenyataannya tidak ada satu orang pun di dunia ini yang sempurna. Semua pasti pernah melakukan kesalahan walau hanya satu kali. Jadi, dari pada Anda memikirkan tentang kekurangan. Lebih baik berfokuslah kepada kelebihan yang dimiliki. Kembangkan hal tersebut untuk menghasilkan suatu yang positif.

Berikan sebuah apresiasi terhadap diri sendiri setiap kali Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang diberikan. Hadiahkan diri Anda sebagai bentuk rasa syukur, hal ini juga sangat bermanfaat dalam membangun kepercayaan pada diri sendiri.

2. Selalu berpikir positif

Mulailah untuk berpikir secara positif dalam melakukan hal apapun. Cobalah menghindari pikiran-pikiran yang membawa pengaruh negatif. Hilangkan rasa ragu kepada diri Anda sendiri, misal yang tadinya selalu berpikir “saya tidak akan bisa melakukan hal tersebut” rubahlah menjadi “saya pasti bisa melakukannya”. Selalu lakukan afirmasi setiap pagi hari setelah bangun tidur dan ketika akan melakukan kegiatan apapun.

3. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lakukanlah sesuatu hal sesuai dengan kemampuan, jangan terlalu menekan diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan. Karena terlalu membandingkan diri dengan orang lain tidaklah bagus untuk kesehatan mental dan akan membuat kepercayaan diri Anda semakin rendah.

4. Lakukan kegiatan yang disukai

Anda pastinya memiliki sebuah hobi atau berminat akan suatu hal. Jadi, mulailah untuk melakukan hal yang menarik minat Anda tersebut untuk mengalihkan pikiran akan hal negatif pada kegiatan positif. Dengan melakukan kegiatan positif, sudah pasti hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

5. Bergaul dengan orang-orang yang membawa pengaruh positif

Carilah teman atau perkumpulan yang memang membawa vibrasi baik dalam kehidupan. Hindari orang-orang dengan pengaruh tidak baik. Dengan berkumpul dan membicarakan atau mengerjakan sesuatu yang positif, tentunya akan membuat jiwa Anda juga lebih tenang dan sudah pasti rasa percaya diri mulai tumbuh dengan sendirinya.

6. Terapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat tidak hanya baik untuk tubuh, namun juga sangat berperan pada kesehatan mental. Anda dapat melakukan olahraga secara rutin, memakan makanan sehat dan mulai mengatur jadwal bangun juga tidur. 

Karena menurut ahli kesehatan, berolahraga juga membawa pengaruh baik pada kesehatan mental seseorang. Dengan berolahraga secara teratur dan mulai menerapkan pola hidup sehat akan membuat orang tersebut lebih dapat berpikir secara positif. 

7. Ikut dalam kegiatan sosial

Mulailah untuk berani mengambil bagian dalam kegiatan sosial, entah di lingkungan rumah atau Anda dapat bergabung dengan kegiatan diluar. Seperti misalnya bila Anda menyukai kucing, Anda bisa bergabung dengan sukarelawan yang selalu melakukan kegiatan street feeding (memberi makan kucing liar) atau jika menyukai kegiatan keagamaan, Anda dapat bergabung dengan kegiatan yang sering dilakukan oleh pihak masjid, gereja atau lainnya.

Setelah membaca semua tips membangun kepercayaan diri diatas, semoga Anda yang selalu merasa minder atau tidak percaya diri dapat mulai berpikir untuk merubah pola pikir dan kebiasaan tersebut. Karena bila Anda terus-menerus merendahkan diri Anda sendiri, tidak akan hal positif yang akan dirasakan selama hidup. Jangan pernah sekalipun melewati kesempatan atau peluang untuk untuk berubah kearah yang lebih baik.